• . Pray @ Masjid
    . Sholat berjama'ah di masjid yuk! ^^

Kamis, 30 Juni 2011

Liburan Panjang, Jangan Mati Gaya!






Sobat Pelangi LKI pasti udah pada libur panjang, seneng doong.. :D. Tapi, apa temen-temen rela waktu sebanyak itu dibuang gitu aja? Nih kita nemu artikel dari http://muslimuda.org/muslimuda-zone/n-gen/124-jadikan-liburan-kita-berpahala.html, semoga bermanfaat, ^^
“Libur telah tiba, libur telah hore-hore....” kayakknya lagu itu deh yang paling tepat dinyanyiin kalau pas masuk liburan kayak gini. Liburan kenaikan kelas adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua siswa. Ya,iyalah liburnya lebih lama, 2 minggu pren. Enaknya buat apa ya kalau liburan? Banyak temen-temen kita yang udah buat jadwal wisata saat liburan ada yang ke Jakarta (Ancol), ada yang ke puncah ada yang di rumah aja(waduh kacian banget gak kemana-kemana hehehehe) dan masih banyak lagi deh rencana-rencana wisatanya. Jujur ana nih kalau si penulisnya juga kebingungan ngisi liburan kemana yang bisa bermanfaat dan tidak melalaikan ke kewajibannya. Hehehehe

Temen saya sih ada yang sudah ke Pare belajar Bahasa Inggris sambil liburan ada juga yang Cimari ikut Islamic Camp. Enak ya liburannya bisa menambah ilmu. Eh kalau saya sih ada tips-tips dan kriteria tersendiri dalam ngisi liburan. Sebagai seorang muslim tentunta kita tak boleh meninggalkan syariat Allah ketika bertamasya. Seperti saat berwisata saking asyiknya melupakan shalat wajibnya. Kemudian yang biasanya shalat dhuha gak pernah telat eh pas liburan juga ikut libur. Atau bagai yang perempuan, pengalaman pribadi gak jauh dariku temen sekelasku sendiri yang biasaynya pake’ kerudung eh pas liburan ke mana gitu mahkota pelindungnya dibuka. Wah kalau begitu liburannya gak malah dapat berkah malah dapat sebaliknya dosa.

Begini sobat, Islam itu sebenernya juga mengatur masalah kita untuk bertamasya sebagi refreshingkita. Ya gak mungkinlah 1 tahun penuh sibuk kerja terus tentu ada waktu beberapa hari untuk menenangkan dan merilekskan pikiran kita. Tapi dalam liburannya jangan sampai melalaikan kewajiban kita. Sebagi umat muslim tentu adalah berdakwah yang hukumnya wajib. Mengatakan yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Itu adalah yang utama. Sebagimana dalam sebuah hadist Rosulullah: Ustman bin Madh’un datang kepada Nabi Saw, seraya bertanya, “apakah engkau mengizinkanku untuk melakukan pengibirian’. Rosul bersabda,’Bukan termasuk golonganku orang yang melakukan pengibirian dan meminta untuk dikebiri, sesungguhnya pengibirian umatku adalah berpuasa’. Utsman bertanya lagi:,’ Wahai Rasulullah, apakah engkau mengizinkanku untuk melakukan tamasya?’. Rosul bersabda,’Tamasya umatku adalah berjihad dijalan Allah’...........(lalu Ustman bertanya lagi)", Hadist diriwayatkan oleh [Ibnu Al Mubarok, hal 290 no. 845]
Dari sini kan Rosulullah mengatakan tamasya umat islam adalah berjihad dijalan Allah. Yang salah satunya mencegah dari kemungkaran dan mengatakan yang Ma’ruf. Itu lebih utama.jadi kalau tamasya gak bisa melakukan itu ya tau sendiri kan hadistnya.
Ehm... sobat  masa liburan merupakan saat yang ditunggu-tunggu para siswa untuk melepas lelah, rekreasi atau untuk bersenang-senang setelah mereka sibuk dengan aktivitas sekolah, tugas maupun ujian yang melelahkan fisik dan pikiran mereka. Maka sudah seharusnya sebagai para siswa muslim selalu memanfaatkan masa liburan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat, karena setiap detik dari waktu kita akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah di akherat kelak.
Menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat hanya akan menimbulkan penyesalan yang mendalam pada akhirnya. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda, artinya: ”Gunakanlah lima perkara sebelum lima perkara lainnya; gunakanlah masa mudamu sebelum masa tuamu; masa hidupmu sebelum masa kematiaanmu; waktu luangmu sebelum waktu sibukmu; waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu; waktu kayamu sebelum waktu miskinmu”.
Aktivitas yang bisa para siswa lakukan untuk mengisi masa liburan, hendaknya merupakan aktivitas yang tidak melalaikannya dari mengingat Allah tetapi aktivitas itu justru akan semakin mengenalkan dan mengingatkannya pada Allah. Oleh karena itu, beruntunglah orang yang selalu mengingat Allah baik di saat luang maupun di saat sempit sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam, artinya: ”Kenalilah Allah saat kamu senang, niscaya Dia akan mengenalimu saat kamu sedang susah”.
Aktivitas-aktivitas yang bisa para siswa lakukan di masa liburannya, diantara adalah:
a) Menuntut ilmu syar'i
Kesibukan para siswa dengan aktivitasnya seperti sekolah, mengerjakan tugas dan ujian kerap kali menghalanginya untuk bisa menghadiri majelis-majelis ilmu syar'i. Oleh karena itu, masa liburan yang cukup panjang ini bisa digunakan untuk menambah pemahaman Diennya dengan hadir di majelis-majelis ilmu. Sudah seharusnya para para siswa bersemangat untuk menuntut ilmu syar'i terutama di masa liburannya ini karena banyaknya keutamaan bagi para penuntut ilmu syar'i.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, yang artinya: ”Dan barang siapa yang meniti jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan menuju surga”.
Banyaknya kegiatan majelis ilmu terutama di masa liburan janganlah disia-siakan begitu saja, karena jika masa liburan telah usai, mereka akan disibukkan kembali dengan aktivitas-aktivitas sekolah sehingga waktu mereka untuk bisa hadir dalam majelis-majelis ilmu akan berkurang.
b) Memperbanyak membaca, menghafal, mempelajari dan mengajarkan Al-Qur'an.
Sebagai pedoman hidup kaum muslimin maka sudah seharusnya kaum muslimin konsisten untuk membaca, menghafal, mempelajari dan mengajarkan Al-Qur'an. Masa liburan ini merupakan waktu yang tepat bagi para siswa untuk memperbanyak membaca, menghafal, mempelajari dan mengajarkan Al-Qur'an karena banyaknya keutamaan bagi mereka yang selalu membaca, menghafal, mempelajari dan mengajarkan Al-Qur'an sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, artinya: ”Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya”.
Dari Aisyah Radhiallahu 'anha, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, artinya: ”Orang yang mahir membaca Al-Qur'an akan bersama kelompok para malaikat yang mulia. Dan orang yang membaca Al-Qur'an dan dia terbata-bata dengan merasa kesulitan dalam membacanya maka dia memperoleh dua pahala”.
Melihat besarnya keutamaan ini maka janganlah sia-siakan waktu hanya untuk berhura-hura mengingat masih banyaknya para siswa yang mereka jarang membuka bahkan membaca Al-Qur'an dengan alasan kesibukan sekolah mereka. Sungguh sangat menyedihkan ketika banyak orang kafir yang mempelajari dan mengagumi Al-Qur'an sementara kita sebagai kaum muslimin tidak mengetahui keagungan Al-Qur'an karena tidak mempelajarinya bahkan menjauhi dan menolak hukum-hukum yang ada didalamnya seperti yang sering terjadi di kalangan kaum muslimin saat ini. Hal ini karena mereka tidak pernah mempelajari Al-Qur'an sehingga tidak mengetahui hikmah di balik hukum-hukum yang terdapat dalam Al-Qur'an.
c) Bersilaturahmi
Masa liburan merupakan saat-saat yang baik untuk mengunjungi, bercengkrama dan bertukar pikiran dengan kerabat maupun saudara. Silaturahmi tidak akan menyibukkan seseorang dari menuntut ilmu, berdakwah atau melakukan kegiatan bermanfaat lainnya karena mengunjungi kerabat dan saudara menyebabkan umur dan rezekinya diberkahi. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, artinya: ”Barang siapa ingin rezekinya dilapangkan dan umurnya dipanjangkan , hendaklah ia bersilaturahmi”
d) Wisata Alam
Mengunjungi tempat-tempat yang menyuguhkan panorama alam akan menumbuhkan rasa kagum kita pada ciptaan dan kekuasaan Allah. Alam akan mengingatkan kita betapa besar dan agungnya kekuatan Allah dalam menciptakan alam semesta ini. Lihatlah gunung-gunung yang kokoh, deburan ombak yang tiada henti, hamparan laut yang luas dan derasnya aliran sungai, lalu renungkan betapa lemah dan kecilnya diri kita dibandingkan makhluk Allah tersebut, sehingga mengapa kita harus merasa tinggi dan sombong padahal kita tidak mampu merobohkan gunung-gunung, menahan deburan ombak, mengeringkan lautan dan menahan aliran sungai. Renungkanlah pula, gunung-gunung yang besar dan kokoh itupun bersujud pada Allah lalu mengapa banyak manusia yang lemah dan kecil ini enggan untuk bersujud pada Allah? “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya siang dan malam terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.”
Gunakan masa liburan untuk hal-hal yang bermanfaat karena hal itu merupakan salah satu usaha untuk menjadi pemuda yang haus akan ilmu pengetahuan dan bersemangat untuk melakukan kebaikan baik bagi diri sendiri maupun bagi orang-orang dan lingkungan sekitar. Melakukan aktivitas yang bermanfaat akan menghindarkan para pemuda dari menyia-nyiakan waktu yang itu merupakan kerugian yang lebih besar daripada menyia-nyiakan harta, karena harta yang hilang bisa dicari namun waktu yang hilang tak mungkin bisa kembali.
Menghabiskan masa liburan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat akan melalaikan para pemuda dari mengingat Allah yang terkadang pikiran akan menjadi lemah, lamban dan hilangnya ide-ide cemerlang yang bisa menjerumuskan para pemuda pada tindakan pengrusakan. Oleh karena itu, para pemuda harus berusaha menjauhi aktivitas-aktivitas yang sia-sia dan tempat-tempat maksiat yang menyebabkan lemahnya iman dan hilangnya ide-ide cemerlang, serta lemahnya pemahaman mereka, sedangkan tajamnya pemahaman hanya bisa diasah dengan memanfaatkan waktu untuk menuntut ilmu.
Bisa dikatakan, sebenarnya kita tidak memiliki masa libur atau cuti sebagaimana yang diberikan oleh manusia kepada kita, karena Allah tidak pernah memberi kita masa libur dari beribadah kepada-Nya dan Allah tidak pernah memberi cuti pada malaikat pencatat amal untuk berhenti bertugas dari mencatat segala amal kebaikan dan keburukan kita. Ingatlah! Malaikat pencabut nyawa setiap saat selalu siap untuk mencabut nyawa kita tanpa mengenal masa libur maupun masa kerja kita. Oleh karena itu, berusahalah selalu untuk memanfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya di setiap tarikan nafas kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design